Perkembangan Sosial Emosional Anakku di Usia 14 Bulan



Diusianya yang ke 14 bulan ini, Azka sudah mulai biasa berinteraksi dengan anak-anak lain seusianya, bahkan yang lebih tua darinya. Dia mulai minat dengan bayi lain, bermain bersama kendati masih bersifat individual.

Alhamdulillah seiring dengan kemandiriannya pada perkembangan di usianya ke 14 bulan, aku sering mengajarkan azka bagaimana mengontrol kestabilan emosinya, misalnya dengan berbagi mainan bersama teman sebayanya. Mulai diajarkan bertanggung jawab dan mengendalikan perasaannya.



Terkadang Azka sering langsung menjambak rambut anak bayi yang lain. Trus dia paling suka menusuk mata teman bermainnya. Hal ini yang aku takutkan jika azka berbaur dengan anak seusianya. Terlalu agresif dan terkesan mengintimidasi. Takutnya bisa mencederai anak yang lain.

Mungkin pengaruh dari rasa ingin tahunya yang terlalu tinggi, sehingga Azka terlihat seperti mengganggu anak lain.



Aku sebagai orang tua selalu mengawasi setiap pergerakannya, mencegahnya secara baik-baik. Bukan dengan cara membentak dan meresponnya mendadak secara kasar, melainkan diberitahukan dan dibimbing. Karena diusia ini mereka rentan memperhatikan tingkah laku orang-orang dewasa dengan bersungguh-sungguh dan meniru tindakan tersebut dan secara alamiah bayi memiliki kemampuan menyimpan informasi yang berasal dari penglihatan, pendengaran, dan melalui indera lainnya. Jangan sampai akan mempengaruhi jiwa sosial mereka.

Bukan hanya meniru tingkah laku orang dewasa, Azka pun sudah mampu merespon melalui ocehan yang kebanyakan berupa permintaan, perintah, dan kata-kata singkat seakan dia sudah bisa bercakap-cakap.

Sobat Diary, melihat perkembangan anak kita tentu saja sangat menyenangkan bukan? Lucu, menggemaskan dan terkadang menyebalkan jika yang kita larang serasa diacuhkan. Dengan kesabaran dan ketelatenan, insya Allah anak kita akan terus berkembang sesuai dengan tahapannya.

7 komentar:

  1. Wah pinternya dede Azka.... udah 14 bulan yaa.. iya emang ya anak anak mungkin maksudnya rasa ingin tahunya besar jadi suka kayak jahil colok atau jambak rambut temennya hihi...kalau anaku sekarang udah 2.9 tahun tuh kalo misal dilarang lagi suka tantrum dan malah makin disengajain... huhu emang mesti ekstra sabar ya jadi ortu :D

    www.inkaparamita.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duhh senangnya... udh hampir 3 tahun anaknya mba, pasti makin cerewet.. haha iya emang mesti ekstra sabar jadi ortu... terima kasih udah berkunjung. Salam jabat erat slalu...

      Hapus
  2. hi balas kunjung dari malaysia.. saya follow sini ya.. cantik blognya..

    BalasHapus
  3. e'in balas kunjung dari malaysia.. sudah follow jugak..

    comel azka.. :)

    BalasHapus
  4. Melihat anak makin lucu
    Membahagiakan hati ibu

    Pantun Cinta hadir padamu
    Bawa salam kenal balik untukmu

    BalasHapus

Blogger Perempuan