Azka Berusia 2 Bulan



Hallo sobat diary, 15 April 2016 Azka genap berusia 2 bulan. Saat ini kesibukanku mengurus baby azka belum terasa, jadi masih punya banyak waktu untuk nulis diary. Sekarang peran mamaku yang lebih dominan, seperti mengganti popok azka, cuci pakaian sampai nyiapin air untuk mandiin azka. 

Lagian aku kan masih dalam tahap penyembuhan luka bekas operasi sc. Jadi wajarlah belum bisa bergerak lebih untuk mengurus bayi. Untunglah punya mama yang masih gesit dan lincah, Alhamdulillah ya? Berharap ke suamiku, dia juga belum bisa ngapa-ngapain, belum berpengalaman mengurus anak bayi. Maklumlah hehe...

Sudah bisa apa sajakah Azka di usianya yang baru 2 bulan?

1. Genggaman tangannya mulai dapat membuka dan menutup serta mulai berusaha meraih dan menggenggam benda-benda di sekitar, seperti jariku. Sekali tergenggam terasa sangat erat dan sulit dilepaskan. Aku sering mensterilkan barang atau benda yang berbahaya dari jangkauan anakku. Takut nanti bisa membahayakan dirinya.

2. Sudah mulai dapat tersenyum ketika diajak bicara. Melihat ekspresinya, Azka sudah dapat menikmati suara-suara yang diperdengarkan. Menjelang malam aku sering memutar lantunan ayat suci Al Quran terutama Surat Yusuf dari Alquran Electronic.

Serius kalo diajak ngomong

3. Mulai dapat bermain dengan jarinya, menghisap jari tangannya dan mulai mengoceh. Suamiku sering menggerakkan jari-jarinya didepan azka, dia pun merespon dengan gerakan kaki dan tangannya sambil mengoceh dan sesekali tersenyum. Melihat perkembangannya, suamiku membeli mainan dengan warna-warna cerah dan bisa berbunyi. Mainannya pun sering dipakai saat azka lagi mandi agar sensor motoriknya terus diransang untuk mengenali benda disekitarnya.

Tumbuh kembang bayi 2 bulan memang belum memiliki koordinasi yang dibutuhkan untuk bermain dengan mainan. Tapi diusianya yang baru 2 bulan telah mulai memperhatikan objek warna-warni yang digantungkan di depannya. Azka bahkan mencoba meraih objek tersebut atau memegang sebentar mainan yang ditempatkan ke tangannya. Ia juga sudah mulai menyibukkan diri dengan ibu jari.


Mainan warna-warni dan berbunyi

4. Matanya mulai mengikuti pergerakan obyek kesana-kemari. Jika menggerakkan jari atau mainan di depan matanya, dia mulai mengikuti obyek tersebut dan mencari sumber suara. Matanya pun akan bereaksi dengan cahaya terang. Saat berjemur dipagi hari, Azka sering menggunakan kacamata hitam agar gak kena langsung sinar matahari.

Mulai mengikuti obyek yang bergerak

5. Bahasa tubuh dan ekspresi wajahnya mulai berubah-ubah sesuai yang dirasakannya, seperti melotot, memainkan bibir, mengkerutkan dahi, menggerakkan alis mata untuk memberi tahu jika ada sesuatu yang tidak nyaman, seperti popok yang sudah bocor atau merasa lapar.

Ekspresi wajahnya sangat lucu hehe...

6. Sudah bisa menahan kepalanya ketika digendong. Lehernya makin kuat, azka dapat menegakkan kepala hingga 45 derajat saat dibaringkan tengkurap.

Perkembangan Azka tiap saat selalu aku pantau, Jika sesekali ada aktivitas baru, tak sungkan aku berbagi dengan ibu-ibu lainnya yang telah berpengalaman mengurus anak bayi untuk sekedar sharing pengalaman mereka.

Diusia yang genap 2 bulan ini, berat badan Azka 5,5 kg dengan tinggi 52 cm. Sehat terus yah kesayangannya Bunda.

Ohh iyaa.. Satu lagi hampir lupa, tidurnya Azka masih seperti dia berusia 1 bulan, tidur yang cukup adalah 1 hal yang tidak kalah penting yang harus tetap diperhatikan. Menurut pengalaman ibu-ibu yang aku dengar kalo lagi ngerumpi, jangan dianggap aneh jika bayi lebih banyak tidurnya. Tidur bayi adalah fondasi utama yang akan mendukung perkembangannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Perempuan